Thursday, April 7, 2011

Sambal Ikan Roa

Sewaktu mudik kemarin, seorang kawan dari Manado menawarkan membelikan oleh-oleh dari sana. Saya langsung teringat ikan Roa. Asyiknya dapat kiriman ikan Roa yang telah dihaluskan, sehingga siap untuk langsung diolah menjadi sambal goreng.

Ikan Roa adalah ikan yang diawetkan, berasal dari ikan terbang (garfish atau belone-belone) yang konon di Indonesia hanya hidup di perairan Sulawesi Utara. Disebut ikan terbang karena ikan ini sering melompat ke atas permukaan air, senang hidup di perairan yang hangat. Badannya agak pipih, panjangnya sekitar 25-30 cm, tubuhnya bersisik, tulangnya berwarna kehijauan. Bagian moncongnya runcing panjang dan bergigi berguna untuk menangkap ikan kecil atau plankton sebagai makanannya. Metode pengawetannya adalah dengan pengasapan dengan tingkat kekeringan mencapai hampir 90% sehingga ikan menjadi kering dan ringan. Karena rasanya tawar dan garing ikan ini biasanya diolah menjadi sambal atau dicampurkan ke dalam masakan. Ikan roa tahan lama bila ditempatkan dalam wadah tertutup dan disimpan dalam lemari es. (Dikutip dari Seri Memasak Femina Primarasa, Makan Enak Cara Manado, halaman 6).

Foto ikan roa asap utuh dapat dilihat di SINI.

SAMBAL IKAN ROA

Bahan :
Ikan Roa halus
Bawang merah diiris halus
Bawang putih
Cabe rawit merah
Cabe merah
Tomat (kali ini saya tidak pakai tomat...)
Garam
Minyak Goreng

Cara :
1. Haluskan bawang putih, cabe rawit, cabe merah
2. Potong kotak-kotak kecil tomat
3. Tumis bawang merah hingga wangi, masukan bumbu halus dan tomat.
Note : jika pakai tomat, benar-benar harus sampai matang (tomat tergoreng sempurna) supaya ikan roa tidak menjadi melempem)
4. Terakhir masukan ikan roa halus, masak hingga matang.

Siap dinikmati dengan nasi panas...

Sambal Ikan Roa





5 comments:

  1. Hi Jane, salam kenal ya. Aduh....aku ngiler liat sambal ikan roa nya. Kalo bole tau Jane beli ikan roanya di mana ya? Aku tgl nya di west coast. Pengen deh bikin ini.

    ReplyDelete
  2. Hallo Beltzy...salam kenal juga. Ikan roa-nya dari Manado ini, pas mudik kemarin ada teman dari Manado yang kirim ke Bandung. Di US saya belum tahu kalau ada yang jual. Kalau ikan cakalang fufu, kenalan saya sering beli dari California.

    ReplyDelete
  3. Hallo Jane,
    Itu ikan roa rica ... bikin laper deh.
    Koq ada ikan roa di tempat nya Jane ya? Klo di Sweden susah dapatnya. Hrs pesan dr Holland, itupun klo nga cepat2 nga kebagian.
    Klo boleh tante coba masakan Jane, nga apa2 kan? tapi klo Jane ada buku masakannya, bisa di jual...pasti tante mau beli! Big hugs to you and Jev and Salam buat Ronald too.

    ReplyDelete

You may also like :

Related Posts with Thumbnails