Tuesday, December 13, 2011

Nasi Liwet Solo

Hari Sabtu kemarin ini, dapat kiriman masakan nasi liwet dari seorang kenalan.
Siang itu suami saya jadi menikmati makan siang ala Indonesia. Saya jadi teringat bulan September lalu saya memasak nasi liwet ala Solo dan entah karena lupa dan kesibukan di dunia nyata, saya lupa niat saya mengarsipkan resep nasi liwet ini.
Tentunya saya tidak serajin pengirim nasi liwet yang meracik bumbunya sendiri. Nasi liwet yang saya buat, sebagian menggunakan bumbu instant. Namanya juga 'simple kitchen' senangnya yang praktis he..he..he..

NasiLiwet Solo Collage


Panduan resep nasi liwet Solo ini saya ambil dari resep Ibu Ine di kolom resep multiply site beliau.
Link ke resep aslinya dapat diklik di SINI.

Berikut ini resep modifikasi saya, untuk ayamnya saya buat menggunakan bumbu instant opor merek Bangka 47 .


NASI GURIH
1 batang sereh dimemarkan
2 sdt garam
4 lembar daun salam
400 gram beras
800 mL santan (saya pakai 400 mL santan kaleng + 400 mL air)

Cara : Masukan semua bahan di rice cooker, seperti memasak nasi biasa. Jika menggunakan kompor biasa. Didihkan santan garam, sereh, daun salam. Setelah itu campur dengar beras yang telah dicuci bersih. Aduk-aduk sebentar, lalu kukus nasi sampai matang.

OPOR AYAM +TELUR + HATI AYAM
2 pounds dada ayam
1 pounds hati ayam
Telur rebus sesuai selera
2-3 bungkus bumbu Opor Ayam
Santan

Cara: masak sesuai petunjuk kemasan. Setelah matang. Sisihkan kuahnya. Suir-suir ayam yang telah matang. Potong-potong hati ayam lalu ditusuk dengan tusuk sate.

SAMBAL GORENG LABU SIAM
Idealnya, labu siam diiris memanjang, lalu direndam air kapur sirih supaya tidak terlalu lembek setelah dimasak. Tapi saya lewat nih langkah yang ini.

2 buah labu siam
3 sdm cabe merah giling
2 iris lengkuas
2 lembar daun salam
1 sdt gula
jika suka pedas bisa ditambah 1 genggam cabe rawit merah
kuah dari opor ayam di atas ambil sebagian

CARA:
Tumis cabe merah, lengkuas dan daun salam sampai harum, tambahkan kuah opor ayam, masukan labu siam iris, gula pasir. Masak hingga matang.

Di resep dari Ibu Ine ini ada teman nasi Liwet Solo yang khas seperti kumut (santan kental yang dimasak dengan putih telur) dan telur dadar tim/kukus. Tapi kali ini saya tidak sempat membuat keduanya.

Cara Penyajian :
Nasi sepincuk (dialas daun pisang) ditambahkan sayur labu dan sedikit kuah, ayam suir dan telur. Siram dengan sedikit kuah dari opor tadi. Nikmati dengan sate ati ayam.
Saya paling suka makan dengan kerupuk, jadilah kerupuk udang yang kriuk-kriuk menemani nasi liwet ala saya ini.

Nasi Liwet Solo


No comments:

Post a Comment

You may also like :

Related Posts with Thumbnails